·
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melamar kerja adalah mencari
sumber informasi lowongan seperti media cetak (koran kompas), internet, career
center, network, dan agency (outsourching).
·
memilih lowongan kerja. Ya pilih lowongan kerja yang sesuai dengan
kemampuan anda. Ada pun yang harus diperhatikan dalam memilih lowongan kerja,
seperti:
a. Mencari infirmasi mengenai
posisi yang akan dipilih.
b. Mencari informasi mengenai
perusahaan pemberi kerja
c. Sebaiknya tidak memaksakan
diri untuk suatu jabatan.
d. Kesesuaian antara keadaaan
diri dengan persyaratan jabatan.
·
membuat surat lamaran. Perlu diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran,
seperti:
a. Kertas berwarna netral
b. Jenis dan ukuran font
standard
c. Ukurann kertas A4
d. Surat lamaran dan daftar
riwayat hidup diketik rapi, ringkas dan jelas (cantumkan posisi yang dituju,
tanggal & tanda tangan, alamat & tempat tinggal, no telp yang dapat
dihubungi dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti).
·
pengiriman dokumen lamaran. Ada 3 cara dalam pengiriman dokumen tersebut,
seperti:
a. Melalui pos (alamat
penerima dan pengirim harus jelas).
b. Melalui email (rutin
membaca email dan pertimbangkan besar file).
c. Datang langsung ke
perusahaan (walk in interview).
·
Pengadaan Tes. Disetiap
perusahaan ada beberapa tahap tes dimana salah satu nya yaitu tes tertulis, tes
tertulis itu diadakan tergantung pada kebijakan kebijakan perusahaan itu
sendiri.
·
Wawancara. Setelah melewati
tahap tes maka selanjutnya tahap wawancara, ditahap ini kalian akan di tes
psikologis pada perusahaan dimana tes ini adalah tahap akhir pada proses
lamaran pekerjaan. Bila kalian lolos pada tes ini maka kalian akan diterima
pada perusahaan untuk bekerja.
Sumber:

Tidak ada komentar:
Posting Komentar